Selasa, 11 Januari 2011

4 Tips Shalat Khusyu`

السلام عليكم . بِسْــــــــــــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

الحمد لله رب العا لمين. الصلاة و السلام على رسو ل الله.اما بعد

...

Bicara masalah shalat, ada banyak cara untuk mencapai shalat khusyuk, tapi saran saya, tak perlu banyak tips untuk mencapai shalat yg lebih khusyu.

Tak perlu berlembar-lembar atau habiskan Uang untuk membeli buku shalat khusyu.

Mari kita tanya pada Qur'an, bagaimana Jika ingin shalat yang lebih khusyu.

4 Tips ini Boleh dicoba untuk mencapai shalat yang lebih khusyu:

1. Jangan pernah berfikir bila kita masih bisa hidup setelah shalat.

Kita boleh yakin jika shalat Itu ialah sebagai shalat terakhir kita dimuka bumi ini, ramai kita dengar si fulan meninggal seusai shalat, si fulan meninggal setelah adzan, imam fulan meninggal saat sujud dan lainnya. Si fulan meninggal saat tengah judi, maksiat dan lainnya.

Mungkin ini adalah shalat terahir kita di dunia, terlepas dari itu, kita boleh merelakan suami / istri kita seorang diri, anak kita menjadi yatim piatu, mungkin nanti malam ialah malam pertama dalam liang kubur, semua harta yg kita kumpulkan tak bisa kita bawa, & menjadi hak saudara kita, wajah tampan & cantik yg kita banggakan dalam sekejap akan berubah busuk.

2. WAJIB tahu arti setiap bacaan shalat

Qs.4 An-Nisaa':43. Hai orang-orang yang beriman, JANGANLAH kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, SEHINGGA KAMU MENGERTI APA YANG KAMU UCAPKAN...

MABUK dalam ayat ini boleh diartikan sebagai mabuk khamr/ Alkohol, tapi juga mabuk dunia, mabuk harta, mabuk tahta, mabuk CINTA pun termasuk pula dalam hal yg mengganggu shalat sehingga kita lupa/silap/tak sadar bacaan shalat apa yang telah kita baca, bahkan sering kita lupa rakaat ke berapa.

Lebih baik membaca surat pendek yang kita tahu/faham arti bacaan setiap kata-kata daripada membaca surat panjang yg kita tak tahu apa artinya. Ingat, dalam Ayat diatas

JANGANLAH KAMU SHALAT SEDANG KAMU TIDAK MENGERTI APA YG KAMU UCAPKAN.

Faham arti bacaan shalat itu SANGAT PENTING HINGGA KITA DILARANG SHALAT SEHINGGA KITA HARUS FAHAM APA YG KITA UCAPKAN

Jadi,,,

MAAF,,, untuk akhi, ukhti, kakak, adik yg masih belum faham arti bacaan Iftitah, Alfatihah, Surah/Ayat-Ayat, ruku, i'tidal, sujud, duduk antara 2 sujud, tahiyat awal & akhir, maka WAJIB harus tahu & hafal maknanya. Lagi bagus jika kata demi kata.

3. Ucapkan dengan SUARA SEDANG/DI ANTARA KERAS & PELAN

(((ini penting sangat)))

Qs. 17 Al-Israa':110 dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu".

Jadi kita pelankan suara atau cuma di dalam hati saja, maka terkadang fikiran kita akan melayang tak tentu arah.

4. Tuma'maninah

Perlahan, tidak terlalu cepat, dinikmati, dihayati, yakinkah kita jika 10 detik lagi masih hidup? Tuma'maninah ini termasuk 1 dari 13 rukun shalat.

Selain 4 tips itu, disarankan pula agar:

# Berdoa sebelum shalat, mohon lindungan ALLAH dari godaan syaithon

# Membunuh/Menghilangkan Egois & Sombong dalam diri

Qs.6 Al-An'aam:42 ... supaya mereka memohon dengan tunduk merendahkan diri.

Hilangkan rasa sombong pada diri, jangan berfikir/mengkhayal selain shalat, hilangkan apa yang telah dan akan kita lakukan. Bunuhlah & Hilangkan semua yang berhubungan dengan aktivitas di dunia, fokus hanya pada ALLAH & arti bacaan shalat. Menyadari dosa yang telah lalu

Lagi bagus jika Dzuhur, Ashar & Isya' berdzikir pendek. Lalu Shalat Fajar & Maghrib berdzikir panjang.

Apa salah 1 tanda shalat diterima?

Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji & mungkar.


Qs. 29 Al-'Ankabuut: 45


Qs.3 Ali Imran:85. Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.

"Semoga Bermanfaat"

(PL)